Kamis, 19 April 2012

Cerita Motivasi Tikus Berkeluh Kesah

kisah motivasi

Ide motivator kali ini membahas cerita tikus yang berkeluh kesah. Di sebuah desa, ada sepetak ladang milik petani. Di sana hewan2 semuanya bersahabat. Termasuk seekor tikus yang nakal. Tikus ini suka mencuri makanan milik si petani.

Pada suatu hari, si petani membeli perangkap tikus. Tikus yang nakal ini tahu, dan ia sangat ketakutan. Ia mendatangi ular dan mengatakan bahwa si petani memasang perangkap tikus di rumahnya, tetapi si ular mengatakan bahwa itu bukan urusanku. Lalu si tikus cerita kepada ayam, dan ayam berkata itu bukan urusanku. Lalu si tikus cerita kepada sapi dan kambing, dan mereka juga mengatakan bahwa itu bukan urusanku.

Hingga pada suatu hari, si ular masuk ke dalam rumah petani dan terjerat perangkap tikus, karena kaget ular lalu menggigit kaki istri petani yang saat itu berada di dekatnya. Si petani yang melihat kejadian itu segera mengambil tongkat dan memukul kepala ular itu sampai mati.

Istri petani yang telah tergigit oleh ular segera dilarikan ke dokter, dan dokter menyuruh petani untuk memasak hati kambing untuk dijadikan obat. Maka petani itu segera menyembelih kambingnya untuk dimasak hatinya sebagai obat. Tetapi istri petani itu tidak kunjung sembuh. Tetangga petani itu mengatakan bahwa sup ceker ayam bisa dijadikan obat bagi istrinya, maka si petani segera menyembelih ayamnya untuk dimasak kakinya sebagai obat. Tetapi istri petani itu tidak sembuh juga.

Dan tiga hari kemudian, istri petani itu meninggal. Seluruh tetangganya datang untuk memberi penghiburan bagi si petani. Petani itu merasa sungkan atas segala bantuan tetangga nya, maka ia menyembelih sapinya untuk dimasak dan disajikan bagi para tetangganya yang datang.

Kini tinggal si tikus sendirian saja yang selamat.

Seringkali dalam hidup ini kita menjumpai orang2 yang berkeluh kesah kepada kita tentang masalah yang dihadapinya. Tetapi janganlah kita menjadi egois dan tidak peduli begitu saja. Kalau kita bisa memberi bantuan ataupun saran, cobalah untuk membantu, walaupun masalah itu sepertinya tidak ada hubungannya dengan diri kita. (ts)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More